Lolos Final Euro 2020, Ternyata Three Lions Punya Rekor Buruk

0
177
Lolos Final Euro 2020, Ternyata Three Lions Punya Rekor Buruk
Lolos Final Euro 2020, Ternyata Three Lions Punya Rekor Buruk

BOLAPEDIA.co.id – Italia akan berhadapan dengan Inggris di laga pamungkas Euro 2020. Gol skuat Three Lions merebut Trofi Henri Delaunay untuk pertama kalinya harus pupus dengan rekor buruk.

Timnas Inggris diyakini memiliki keunggulan signifikan karena laga final akan digelar di Stadion Wembley, London. Selain itu, tidak menutup kemungkinan mereka akan mempersulit fans Italia untuk datang.

Italia termasuk dalam daftar negara oranye Inggris dengan pembatasan perjalanan. Akibatnya, penggemar Azzurri kemungkinan besar akan dikarantina selama 10 hari sebelum menghadiri pertandingan final.

Suporter Italia pasti sudah berada di Inggris sejak 1 Juli, karena final digelar Minggu malam, 11 Juli 2021 waktu setempat. Ini sangat mustahil, karena otomatis Italia lolos ke semifinal terjadi pada Selasa malam, 6 Juli 2021.

Namun, tim nasional Inggris memiliki catatan buruk melawan tim nasional Italia. Keduanya telah bermain 27 kali, dengan Italia menang 11 dan Inggris menang 8, dengan delapan pertandingan lainnya berakhir imbang.

Enam dari 27 pertandingan berlangsung di Stadion Wembley. Properti mistik stadion, yang sudah ada sejak tahun 1923, juga tampak tidak berarti bagi tim nasional Italia. Italia memenangkan dua dari enam pertandingan, sementara Inggris hanya memenangkan satu, dengan tiga pertandingan tersisa berakhir imbang.

Kedua tim terakhir kali bertemu di Wembley dalam laga uji coba pra Piala Dunia pada Maret 2018. Saat ini, kedua tim terkunci imbang 1-1. Gol Jamie Vardy di menit ke-26 menyamakan kedudukan tiga menit sebelum berakhirnya waktu reguler oleh Lorenzo Insigne.

Masih banyak pemain dari kedua kubu yang akan ambil bagian dalam pertandingan hari Minggu. John Stones, Kyle Walker, dan Raheem Sterling mewakili Inggris, sementara Gianluigi Donnarumma, Leonardo Bonucci, Jorginho, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne, dan Federico Chiesa mewakili Italia.

Apalagi timnas Inggris belum pernah mengalahkan Italia di final event besar. Mereka bertemu di babak penyisihan grup Piala Eropa 1980 dan perempat final Piala Eropa 2012, keduanya kalah.

Kedua kubu sebelumnya pernah bermain dua kali di Piala Dunia, pada 1990 dan 2014. Alhasil, tim nasional Italia meraih dua kemenangan. David Platt menyamakan kedudukan gol Roberto Baggio selama pertempuran Piala Dunia 1990 untuk tempat ketiga. Italia mendapat penalti empat menit sebelum berakhirnya waktu reguler, yang berhasil diselesaikan oleh Salvatore Schillaci.

Dengan demikian, final Euro 2020 Minggu depan antara Inggris dan Italia tidak hanya akan menjadi perebutan Trofi Henri Delaunay, tetapi juga ujian apakah timnas Inggris bisa memperbaiki rekornya ataukah timnas Italia terus memantapkan supremasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here